Notification

×

Advertisement

Advertisement

Your Ads Here

Jenis - jenis Burung Kakak Tua Asli Indonesia

03.12 | | views Last Updated 2014-04-28T10:12:49Z
Seputar Burung -  Jenis Burung Kakak Tua Asli IndonesiaSelamat malam sobat Seputar Burung,pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai Jenis jenis burung Kakak Tua,sebelum ke pembahasan mengenai beberapa jenis Burung Kakak tua ini tentunya kawan semua sudah pada tau kan dengan jenis burung yang satu ini??,burung yang banyak dipelihara orang orang karena akan kecerdasan nya yang bisa bersiul dan menirukan kata kata manusia dan mempunyai ciri khas jambul yang berada di kepala nya.

Sebetulnya burung Kakak tua adalah salah satu burung yang dilindungi oleh pemerintah sama hal nya seperti burung cenderawasih,burung nuri dan burung jalak bali yang sudah mulai jarang di temui di habitat aslinya bahkan bisa dibilang hampir punah, tapi entah mengapa saya sewaktu jalan di beberapa daerah yang pernah saya kunjungi saya melihat banyak orang yang memelihara burung jenis tersebut,bahkan sewaktu dulu saya ke Toli - Toli (daerah Sulawesi) saya melihat jenis burung ini dijual bebas dan terang terangan oleh salah satu penjual burung di kota tersebut. Hmmm.. 

Buat kawan sekalian yang belum mengetahui Jenis jenis Burung Kakak Tua asli indonesia ini,bisa dilihat rangkuman dibawah ini :


1. Kakak Tua Maluku


Burung Kakatua Maluku ini merupakan burung asli dari Kepulauan MalukuKakak Tua jenis ini mempunyai tinggi antara 45 sampai 52 cm dan mempunyai berat diatas 850 gram sehingga dikenal sebagai burung kakak tua terbesar di dunia dimana ukuran jantan lebih kecil daripada betina. Burung ini memiliki bulu berwarna putih atau merah muda (pink) mengkilap, ekornya berwarna agak kekuningan.
Burung Kakatua Maluku ini mampu bertahan hidup sampai 70 tahun. Burung kakak tua ini mempunyai kemampuan berteriak dan mengeluarkan bunyi yang nyaring dan keras.
Kakak Tua Maluku


2. Kakak Tua Rawa
Burung Kakak tua Rawa ini berasal dari kawasan Papua Indonesia,AustraliaPapua Nugini . Burung kakak tua rawa ini mempunyai tinggi sekitar 35-41 cm dan berat 270-630 gram dengan ukuran yang sama pada paruh atas dan bawah. Secara umum, ukuran betina lebih kecil dari jantan termasuk berat, panjang sayap, ukuran paruh, ekor dan mata nya.
Burung ini sering berada dalam suatu kelompok dan berkeliaran di antara area tempat mencari makan dan suka tinggal di daerah rawa-rawa yang memungkinkan mereka mudah mencari tempat untuk minum. Biasanya burung kakak tua rawa makan di tanah dimana makanannya merupakan biji-bijian liar atau hasil pertanian seperti gandum, dan jagung. 
Burung Kakak Tua Rawa

Burung Kakak Tua Rawa


3. Kakak Tua Putih


Ukuran Burung kakak tua putih sekitar 46cm dan mempunyai berat sekitar 400 gram untuk yang betina,sedangkan yang jantan mempunyai berat 800 gram dan mempunyai paruh lebih besar dari betina.
daerah penyebaran burung ini berada di hutan tropis terutama di kepulauan maluku utara,sesuai dengan nama nya burung kakak tua ini mempunyai bulu warna putih dan mempunyai jambul yang dapat menjadi tegak dan melebar ketika burung ini merasa terkejut.
Burung Kakak Tua Putih ini mampu hidup selama kurang lebih 80 tahun. Karena termasuk burung yang pintar, burung ini dapat dilatih dengan baik untuk menirukan ucapan manusia.
Kakak Tua Putih


4. Kakak Tua jambul Jingga


Burung kakak tua jingga ini memunyai ukuran 13-15 inchi dan mampu hidup selama 50 tahun. Burung Kakatua Jambul jingga merupakan hewan endemik dari Pulau Sumba dengan ukuran tubuh menengah dimana jambul dan bagian telinga berwarna jingga, sayap yang besar berwarna kuning atau putih yang pucat dan mempunyai kaki dan cakar yang kuat. 



Kakak Tua jambul Jingga



5. Kakak Tua Tanimbar


Kakak Tua jenis ini berasal dari kepulauan Tanimbar,Maluku. Kakak Tua Tanimbar ini mempunyai ukuran panjang sekitar 31 cm dan mempunyai berat 250 gram,sehingga kakak tua ini dijuluki Kakak Tua terkecil di Dunia.
Burung ini mempunyai bulu warna putih hampir di seluruh tubuh nya,bahkan bulu di daerah mata dan paruh nya pun berwarna putih keabu abuan,dan burung kakak tua tanimbar ini mampu bertahan hidup sampai 30 tahun
Burung Kakak Tua Tanimbar


6. Kakak Tua Raja

Di antara jenis jenis burung kakak tua yang lain nya,mungkin jenis kakak tua raja Hitam inilah yang bisa dibilang paling meyeramkan karena mempunyai bulu hampir rata berwarna berwarna hitam,paruh hitam,pipi berwarna merah dan mempunyai lidah menjulur berwarna merah.
Burung Kakak Tua raja Hitam ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 55-60 cm dan mempunyai berat sekitar 900-1200 gram,sehingga bisa dibilang jenis Kakak tua terbesar di Dunia.
Daerah penyebaran kakak tua raja hitam ini berada di papua nugini,papua indonesia,dan kawasan queensland ,Australia.

Burung Kakak tua Raja Hitam ini mampu hidup selama 60 tahun dan termasuk burung kicau terpintar dengan suara yang sangat keras dan nyaring serta mampu meniru suara manusia jika dilatih dengan telaten,sedangkan makanan burung kakak tua raja hitam  ini adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.

Burung Kakak tua Raja Hitam

Burung Kakak tua Raja Hitam

Burung Kakak Tua Raja

Burung Kakak Tua Raja Hitam
Burung Kakak Tua Raja Hitam

Nah berikut sedikit ulasan mengenai jenis jenis burung kakak tua asli indonesia,semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog Seputar Burung .

Berikut ini video kepintaran Burung kakak Tua :



 



Sumber Artikel : http://www.nehandnews.com/2014/04/6-jenis-burung-kakak-tua-asli-indonesia.html#ixzz30AsA7DY5